Kuliah Tamu Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus Tahun Akademik 2022/2023

  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus (FEB UMK) pada hari Rabu (07/12) melaksanakan kegiatan kuliah tamu secara online (via zoom) dengan mengusung tema “Creating Effective Business Communication Strategies”. Program Studi Manajemen FEB UMK mengundang narasumber dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia yaitu Dr. Subramaniam Kolandan. Beliau memaparkan tentang bagaimana membangun komunikasi yang efektif untuk mahasiswa ketika berhadapan langsung dengan dunia bisnis, seperti ketika melakukan interview dengan dunia bisnis. Materi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi para mahasiswa kelas manajemen strategik semester 7 dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

Kuliah Tamu kali ini dihadiri oleh 533 yang terdiri dari mahasiswa semester 7 dan Dosen Progam Studi Manajemen FEB UMK. Peserta mendapatkan ilmu dan wawasan mengenai bagaimana menciptakan komunikasi bisnis yang efektif dari naasumber yang dimoderatori oleh Linda Putri Nadia, S.E., M.Sc (Dosen Program Studi Manajemen FEB UMK).

Pada pemaparan materi, Dr. Subramaniam Kolandan menjelaskan bahwa komunikasi penting untuk karir anda. Nantinya ketika sudah memasuki dunia kerja, karir anda akan memberikan kesempatan untuk berkomunikasi, kolaborasi dan membagikan ide dengan banyak orang, baik diluar maupun didalam oranisasi anda. Mungkin anda akan menjadi karyawan, eksekutif, konsultan maupun pekerja lepas ataupun anda mungkin menjadi pengusaha. Didalam semua peran, keterampilan komunikasi mungkin merupakan keterampilan penting yang harus anda miliki.

Beberapa hal dapat disimpulkan dari paparan Dr. Subramaniam Kolandan tekait keuntungan dalam kemampuan menciptakan komunikasi bisnis yang efektif. Pertama, dengan komunikasi yang efektif dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Kedua, dengan komunikasi yang efektif dapat digunakan untuk membina hubungan kerja yang positif. Terakhir, komunikasi yang efektif dapat membantu mahasiswa mempelajari bahasa asing dan dapat membantu mengatasi rasa cemasnya, sehingga dapat menunjang karir mahasiswa nantinya dalam dunia bisnis.

 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses yang terlihat dari banyaknya peserta  menyampaikan pertanyaan kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan. Akhir diskusi, pemateri dan seluruh peserta mendapatkan e-sertifikat pada kegiatan kuliah tamu ini. Setelah rangkaian acara selesai, kemudian ditutup dengan melakukan foto bersama bagi seluruh peserta dan narasumber.

 

Foto kegiatan